Komunitas

Seminar Parenting dan Lomba Mewarnai untuk Anak.

Pertengahan Januari 2017 lalu, Keluarga besar Afrakids Jogja mengutarakan niat untuk menyebarkan value Care & Share dengan cara yang berbeda. Jika selama ini mereka menyebarkan value tersebut diseputaran Jogja melalui berdagang produk Afrakids, kali ini mereka memutuskan untuk membuat sebuah seminar Parenting Islam dan lomba Mewarnai untuk anak.

“Kami ingin melalui acara ini, orang tua dapat membawa pulang ilmu seputar membantu anak tumbuh-berkembang lebih baik karena sejatinya anak adalah aset dunia-akhirat,” ungkap salah satu anggota keluarga Afrakids Jogja, “Dan acara ini akan menjadi acara yang ramah anak juga tentunya. Selagi orang tua menuntut ilmu, anak-anak bisa mengisi waktu mereka dengan beragam kegiatan seru dan lomba mewarnai.”

Persiapan acara dilakukan selama kurang lebih 2,5 Bulan. Beragam rumah agen dan rumah makan disambangi per dua pekannya untuk menghasilkan konsep yang matang, menyenangkan, dan penuh manfaat untuk seluruh orang yang terlibat dalam acara yang akan datang.

“Kerja Keras tidak akan pernah membohongi”

Terbukti, segala persiapan yang luar biasa itu terpancar dari susunan acara yang tersusun luar biasa rapih dan membuat mata berbinar-binar. Tepat pada tanggal 9 April 2017, acara penuh manfaat ini dilaksanakan meninggalkan banyak kesan di hati para peserta yang datang.

Acara dibuka dengan pertunjukkan Biola yang luar biasa indah, dimainkan oleh sekelompok gadis-gadis solihah secara kompak mengayunkan melodi-melodi yang  menenangkan dan menyenangkan. Ada pula anak-anak dari keluarga Afrakids Jogja yang dengan semangatnya memberanikan diri, berdiri di atas puluhan peserta dewasa, melantunkan surat-surat pendek bersama-sama. Sebagian kecil tersipu malu namun dikuatkan oleh teman disebelahnya, sebagian berteriak lantang tanpa mic hingga menggemakan satu ruangan, dan yang mendapatkan amanah memegang mic yang tidak mau kalah dengan rekan nya yang berteriak. Heboh, penuh keceriaan.

Usai membacakan surat-surat pendek, seluruh anak dalam ruangan maju ke atas panggung membentuk formasi memanjang layaknya kereta apia api. Diiringi latar lagu dan gambar kereta yang lucu, mereka berjalan perlahan menuju lokasi bermain dan mewarnai. Nuansa ruangan berubah menjadi lebih cerah karena melihat tingkah mereka yang penuh kelucuan dan seyuman. Indahnya masa kecil.

Sebelum masuk ke acara utama, ada sambutan sejenak dari salah satu Pejuang Afrakids, Wahyu Awaludin yang mengajak seluruh peserta untuk turut bergabung menyampaikan nilai-nilai kebaikan bersama Afrakids.

Event yang dihadiri hampir 100 orang tua ini mengundang Ustadzah Nunung Bintari untuk berbagi pengalaman seputar bagaimana ia dan suaminya bekerjasama membimbing anak untuk tumbuh-berkembang sesuai dengan tiap tahapan usianya. Ada belasan poin menarik yang disampaikan beliau, salah satunya yang amat berkesan adalah poin menanamkan rasa malu pada anak agar senantiasa menjaga area pribadinya. Contoh yang paling sederhana adalah dengan mengajarkan anak untuk selalu menyelesaikan urusan mengenakan baju di kamar mandi dan membuka pakaian bawahnya di dalam kamar mandi jika hendak buang air.

“Banyak hal-hal sederhana untuk diajarkan ke anak yang kerap kita lupakan sebagai orang tua,” ungkap beliau.

Acara yang berlangsung sampai jam 12 siang ini ditutup dengan mengumumkan pemenang lomba mewarnai. Banyak gambar-gambar yang masuk dan diseleksi oleh tim Juri. Satu hal yang cukup menonjol: tidak ada kekecewaan yang terpancar air wajah adik-adik yang tidak menjadi juara. Semua senang, semua menang.

Terimakasih banyak untuk seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini. Semoga kita bisa terus menyebarkan value Care & Share kapanpun, di manapun, dengan beragam cara dan beragam karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *