Ayo Jadi Pahlawan Umat

Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Desa Quran Rawakalong

Dimulai dari tahun 2015, kami mencoba untuk menggali potensi di sudut desa yang tak jauh dari ibu kota. Setelah mencoba membangun infrastruktur pendidikan, kami coba membangun ekonomi warga dengan program pemberdayaan ekonomi kreatif. Saat ini, target pemberdayaan masih dalam kalangan ibu-ibu wali murid PAUD Al-Azmi Desa Quran.

Kami mengenalkan kepada ibu-ibu di sana bagaimana cara menganyam. Bermodal limbah kaos dan sedikit pengalaman menganyam, kami mulai berkreasi dan menghasilkan anyaman cempal, gantungan kunci, hingga aplikasi anyaman ke tas wanita. Selang beberapa pertemuan, kami melihat ibu-ibu begitu antusias dengan kemauan dan semangatnya dalam menganyam.

Program pemberdayaan ini kami monitori setiap hari kamis. Dimulai dari 3-5 ibu, saat ini sudah ada 15 ibu yang bergabung ke dalam program pemberdayaan kami. Pengembangan desain produk tentu kami lakukan agar menghasilkan produk yang berkualitas nantinya. Dari beberapa desain produk yang sudah diuji coba, saat ini kami sedang fokus dalam mengembangkan produk anyam karpet.

Alhamdulillah, usaha keras membuahkan berkah berlimpah. Penghasilan keluarga ibu-ibu yang tergabung dalam program pemberdayaan kami mulai terangkat. Membantu suami, biaya sekolah anak hingga mewujudkan mimpi keluarga yang sudah 2 tahun tak pulang kampung berhasil dicapai dari hasil menganyam karpet. Hasil penjulannya pun kami kembalikan lagi untuk masyarakat Desa Quran di Rawakalong untuk membangun dan menata pendidikan, kesehatan, serta asrama santri tahfidz.

Langkah kami masih berdetak. Mimpi kami masih melayang-layang. Inilah ikhtiar kami untuk bersama mengangkat derajat kehidupan mereka. Agar mereka pun dapat turut berbagi dan kembali menyebarkan kebaikan kepada sesama. Insya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *