Komunitas

MOMPRENEUR WANNABE: KARENA IBU-IBU ITU LUAR BIASA

Bogor, 8 April 2017
Pagi itu, Gedung Penelitian Biologi LIPI disesaki lebih dari 100 ibu-ibu yang memancarkan aura semangat luar biasa. Mereka bukan hendak berburu diskon baju Afrakids tentunya, melainkan berburu ilmu yang mungkin tergolong baru bagi mereka. Ilmu yang insyaallah akan mengantarkan mereka menjadi lebih kuat dalam menebarkan manfaat ke masyarakat.
Keluarga Besar Afrakids Bogor adalah sutradara andal di balik acara yang luar biasa ini. Mereka menyiapkan segala sesuatunya dengan amat sangat bagus dan sempat membuat mata kami terbelalak. Tempat yang nyaman, pembicara-pembicara yang kawakan, dan ruangan khusus yang sengaja disediakan untuk anak-anak peserta yang menggemaskan. Lihat, ini salah satu ekspresi yang berhasil kami tangkap:
Selagi mereka bermain, melibas semua camilan, mencorat coret dan menggambar sambil ditemani “pawang anak” yang kami hadirkan, sang ibu hadir di dalam auditorium melewati satu demi satu rangkaian acara dengan penuh seksama. Kami perhatikan semua peserta memasang wajah tak sabar dan mengeluarkan alat catatnya masing-masing segera setelah kalimat-kalimat ajaib pemantik semangat dari CEO Afrakids, Hisyam Hasanah, disampaikan.
“Nikmati Proses Perjalanannya, Susahnya, dan Hiruk Pikuknya” -Hisyam Hasanah, dalam Sambutan Mompreneur Wannabe-
———-
Materi pertama disampaikan oleh Mba Muri Handayani, penulis buku Emak-Emak Jago Jualan. Dari sekian banyak yang disampaikan ada satu hal yang peling menarik menurut kami, Mba Muri membuka mata kami semua bahwa kita berada dalam masa-masa dengan banyak kesempatan terbuka lebar, masa internet. Pengguna internet di indonesia mencapai 132,7 juta orang dan 62% nya mengakses internet untuk berbelanja online. Menurutnya hal ini sebaiknya menjadi momentum untuk para peserta menjalankan Bisnis Online, terutama yang mendatangkan manfaat untuk banyak orang.
Berikutnya, Salah satu pendiri Afrakids, Mas Maula Nurrudin Al-Haq berbagi pengalamannya beriklan melalui facebook dengan cara yang mudah dimengerti. Ia memaparkan beragam data yang menunjukkan bahwa facebook adalah salah satu medium yang cukup ampuh untuk mejaring konsumen untuk mengonsumsi produk yang dijual. Melalui Facebook Ads kita bisa menjangkau orang-orang yang profilnya sesuai dengan target pasar yang dimiliki dengan memperhatikan setidaknya 2 Hal berikut: Gambar dan Copywriting yang digunakan dalam postingan yang diiklankan.
Kedua ilmu diatas dijadikan semakin mantap dengan adanya materi penutup dari Mba Kaukabus Syarqiyah. Materi yang pastinya akan selalu dipakai oleh seorang Ibu Rumah tangga: Manajemen Keuangan.
Pada kesempatan sharing saat itu, yang bertemakan seputar Mompreneur, mba Kikau (Panggilan akrab mba Kaukabus) memulainya dengan 4 buah pertanyaan: 1. Apakah saat keuangan bisnis meningkat, keuangan pribadi juga meningkat?
2. Apakah saat keuangan pribadi meningkat, keuangan bisnis juga akan meningkat?
3. Apakah saat keuangan bisnis menurun, keuangan pribadi juga ikut menurun?
4. Apakah saat keuangan pribadi menurun, keuangan bisnis juga ikut menurun?
Jawabannya, bisa jadi iya jika keuangan pribadi dan bisnis dicampur aduk menjadi satu. “Padahal…,” ujarnya, “Uang untuk bisnis itu harus dipisahkan dengan uang pribadi, lho. Karena masing-masing memiliki kebutuhan pencatatan yang berbeda.”
Mba kikau juga turut menggambarkan secara sederhana bagaimana sebaiknya pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis. Selain itu juga ditekankan betapa pentingnya memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Untuk menunjukkan betapa pentingnya peran pencatatan keuangan, mba Kikau menunjukkan foto ini:
Beberapa peserta di sudut ruangan tersipu, beberapa lainnya memanjangkan leher dengan mata yang berbinar-binar saat melihat gambar ini, begitu juga kami. Semoga kita diberikan konsistensi seperti mba kikau dalam mencatat keuangan serinci mungkin, Aamiin.
Sebagaimana khasnya semangat ibu-ibu di era modern, setelah mengikuti seluruh rangkaian acara, sebagian memanfaatkan momen untuk berfoto dengan segala benda dan orang yang bisa diajak berfoto. Keceriaan terpancar di mana-mana, di beberapa sudut terdengar ucapan-ucapan yang menunjukkan kepuasan dan tekad untuk memulai dan memraktekkan semua ilmu yang di dapatkan di hari itu. Alhamdulillah.
Terimakasih banyak teruntuk seluruh Keluarga Besar agen Bogor yang sudah berbagi dengan masyarakat luas dengan menyelenggarakan acara penuh manfaat ini. Semoga manfaat itu terus mengalir melalui perjuangan para peserta yang tak pernah lelah belajar dan juga kelak berbagi. Satu hal yang juga tidak kalah luar biasanya, semangat seluruh pihak yang terlibat dalam acara disatukan kembali dalam grup WA yang selalu ramai setiap harinya. Semoga berkah, semoga berlimpah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *