Parenting Muslim

Kenapa Tidak Boleh Main Tiap Maghrib?

“Alif, ayo pulang! Sebentar lagi adzan maghrib,” seru ayahnya kepada Alif yang sedang asyik bermain dengan teman-temannya.

“Aaaah lagi seru, Yah. Nanti ya. Kenapa sih Alif selalu disuruh pulang sebelum magrib?” Alif memprotes ingin main lebih lama.

“Nah, di rumah nanti ayah kasih cerita menarik soal setan di waktu magrib. Alif mau dengar nggak?” respon ayahnya.

“Mau Yah,” jawab Alif.

“Kalau begitu yuk kita pulang,” ajak ayahnya sambil mengulurkan tangan. Alif pun meraih tangan ayahnya lalu berjalan pulang.

Sesampainya di rumah, ayah meminta ibu menutup pintu dan jendela. Setelahnya ayah bercerita kepada Alif.

“Alif tahu kan kalau Allah menciptakan makhluk gaib yang nggak bisa kita lihat?” tanya ayahnya memulai cerita.

“Iya Yah. Ada malaikat, jin,” jawab Alif.

“Nah, jin itu ada yang menjadi setan yang mengganggu manusia. Saat magrib datang, setan-setan itu mencari tempat berlindung. Salah satu tempat berlindungnya itu di dalam diri kita. Cuma jangan takut. Kalau Alif ada di rumah atau shalat ke masjid, nanti Allah melindungi kita supaya setannya yang takut sama kita,” cerita ayah.

“Setan takut sama kita. Kok bisa Yah?” Alif keheranan.

“Iya Alif. Setan takut sama anak-anak dan orang dewasa yang mengingat Allah. Jadi nggak usah takut sama setan selama kita berlindung kepada Allah. Nah kita siap-siap shalat maghrib yuk ke rumah Allah,” jawab ayahnya.

“Baik Yah. Siap laksanakan!” seru Alif semangat.

Ayah Bunda, salah satu sunnah Nabi adalah melindungi anak dari godaan setan di waktu magrib. Orang tua zaman dulu sering melarang anak keluar di waktu magrib.

Banyak yang mengira ini takhayul karena belum tahu haditsnya. Padahal ini adalah kebiasaan yang Rasulullah ajarkan pada kita.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian!” (HR. Bukhari & Muslim)
Setan berkeliaran mengincar anak-anak kita dari waktu Maghrib sampai Isya. Dari Jabir radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Jangan lepas hewan ternak kalian dan anak-anak kalian apabila matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya. Karena setan bertebaran jika matahari terbenam hingga berlalunya awal waktu Isya.” (HR Muslim)

Berdasarkan hadits-hadits itu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat Maghrib.

1. Menahan anak-anak di dalam rumah
2. Menutup pintu
3. Banyak berdzikir
4. Menutup wadah minuman dan makanan, walaupun hanya meletakkan selembar tisu di atasnya

Semoga Allah selalu melindungi diri kita dan anak-anak kita dari gangguan setan. Aamiin Ya Allah.

Wallahu alam bish shawwab.

Bazarafra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *