Blog, Parenting Muslim

Kenapa Laki-Laki Harus Sholat Jumat?

Alif dan ayahnya baru saja selesai sholat Jumat. Mereka duduk-duduk di selasar masjid. Alif pun bertanya kepada ayahnya, “Yah, kenapa laki-laki harus sholat jumat?”

“Alif tahu sejarah sholat Jumat?” ayahnya bertanya balik kepada Alif.

“Nggak tahu Yah.”

“Jadi, dulu sebelum Islam datang, belum ada yang namanya hari Jumat. Adanya Yaumul Arubah. Di hari itu, orang-orang Arab menyombongkan prestasi mereka. Yang pengusaha menyombongkan hasil dagangnya. Yang penyair memamerkan puisinya. Yang penyihir menunjukkan mantra terbaiknya. Nah, Allah mengubah kebiasaan itu, Yaumul Arubah diganti jadi hari Jum’at. Hari kita semua berjama’ah.”

“Bedanya jadi gimana emangnya Yah?”

“Seperti kita sekarang ini. Di hari Jum’at, Allah mengundang semua laki-laki muslim untuk berkumpul. Di masjid itu, kita semua saling menguatkan, saling mengenali, saling memperhatikan. Di hari Jum’at, kita ketemu sama tetangga-tetangga, saling menanyakan keadaan masing-masing. Di hari Jum’at juga, kita diingatkan untuk berdzikir. Kita diingatkan bekal apa yang akan kita bawa ke akhirat nanti.”

“Tapi kenapa cuma laki-laki yang sholat Jum’at Yah?”

“Perempuan sebenarnya nggak dilarang sholat Jum’at. Tapi perempuan kan utamanya sholat di rumah. Kalau laki-laki itu kan pemimpin, Lif. Setelah sholat Jum’at, kita harus menyampaikan ilmu yang kita dapat ke orang-orang di rumah. Alif ini laki-laki pemimpin kan, ya?”

“Iya dong, Yah.”

“Kerennya anak ayah,” kata ayah sambil menepuk-nepuk punggung anaknya.

Ayah Bunda,

Islam datang mengikis tradisi-tradisi jahiliyah. Di antaranya ibadah hari Jum’at, yang menghapus kebiasaan menyombongkan diri Arab Jahiliyah. Islam menggantinya dengan kebiasaan berkumpul yang saling memperhatikan satu sama lain.

Allah berfirman yang artinya,

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (al-Jumuah: 9)

Makna sesungguhnya dari Jum’at bagi umat Islam adalah agar umat Islam saling berkumpul yang dengannya kita saling menguatkan dan saling memperhatikan.

Sholat Jumat itu wajib bagi laki-laki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat Jum’at itu adalah fardhu bagi setiap orang Muslim kecuali 4, yaitu orang sakit, hamba sahaya, orang musafir dan wanita.” (HR. Bukhari)

Saking pentingnya sholat Jum’at ini, orang yang dengan sengaja meninggalkan sholat Jum’at diancam akan dikunci hatinya. Padahal, di akhirat kelak kita akan dinilai sesuai kualitas hati kita. Rasulullah bersabda,

”Hendaknya orang yang suka meninggalkan jumatan itu menghentikan kebiasaan buruknya, atau Allah akan mengunci mati hatinya, kemudian dia menjadi orang ghafilin (orang lalai).” (HR. Muslim)

Semoga sholat Jum’at yang kita lakukan menguatkan kita sebagai jama’ah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *