Parenting Muslim

Kenapa Kambingnya Disembelih? Kok Kejam Banget!

Menjelang Idul Adha, ayah mengajak Alif pergi ke tempat penjualan kambing. Ayah ingin mendidik anaknya tentang Idul Adha, mulai dari mengenalkan hewan qurban secara langsung.

“Kita beli kambing yang ini ya, Lif. Kambingnya gemuk dan sehat. Menurut Alif gimana?” ayahnya bertanya untuk mengasah kemampuan berpikir anaknya.

“Iya, yang itu aja Yah. Tapi Yah, kambing ini buat qurban ya? Artinya itu kambingnya mau dibunuh ya, Yah? Kok kejam banget sih, Yah!” Alif mengutarakan kekhawatirannya.

Ayahnya berpikir sejenak untuk memahami perasaan anaknya. Ia pun berjongkok agar bisa sejajar menatap mata anaknya.

“Alif, kenapa Alif berpikir menyembelih itu kejam?” tanya ayahnya.

“Kasihan kan Yah. Kan sakit kena pisau,” jawab Alif.

“Alif tahu nggak kalau cara berqurban itu nggak sembarangan?” ayahnya menjelaskan.

“Gimana emangnya Yah?” Alif penasaran.

“Islam mengajarkan kalau berqurban itu jangan sampai menyiksa binatang. Pisaunya harus tajam supaya kambingnya nggak menderita saat disembelih. Cara menyembelihnya pun diatur. Rasulullah meminta kita agar menyenangkan hewan sembelihan. Itu semua karena Allah penuh kasih sayang, termasuk ke kambing-kambing ini. Tugas kita adalah mengikuti aturan Allah itu agar kita nggak menzalimi kambingnya,” jawab ayah.

“Ooooh, begitu ya, Yah,” kata Alif sambil mengangguk-angguk.

“Nah Alif tahu nggak kalau Idul Adha itu hari penuh kasih sayang. Kita menyembelih kambing ini bukan untuk diri kita sendiri. Nanti dagingnya akan dibagikan ke orang-orang. Saling berbagi akan menumbuhkan kasih sayang. Alif mau menyebarkan kasih sayang?” kata ayahnya.

“Mauuu dong Ayah!” seru Alif.

Ayah Bunda, Idul Adha merupakan hari besar umat Islam yang perlu kita ajarkan pada anak. Namun, ada beberapa anak yang terlalu perasa sampai-sampai merasa menyembelih hewan itu kejam. Hal inilah yang perlu kita pahamkan pada anak, bahwa hewan ternak itu memang untuk disembelih.
Dalam surat Al-An’am ayat 142, Allah berfirman yang artinya: “Dan diantara hewan-hewan ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada pula yang untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepada mu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.”

Islam mengajarkan menyembelih hewan dengan cara yang baik. Rasulullah bersabda, “Jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya.” (HR. Muslim)

Hal inilah yang perlu diajarkan pada anak, betapa mulianya Islam memperlakukan tiap makhluk. Ini termasuk kepada hewan yang dagingnya akan kita makan.

Mengajarkan anak pentingnya berqurban pada hari Idul Adha ini bisa juga dilakukan dengan cara mengajaknya memilih hewan ternak yang akan disembelih. Proses mengalami secara langsung ini akan menempel pada benak anak.

Hanya saja hati-hati dalam mengajak anak ke tempat penyembelihan. Jika anak masih terlalu kecil, ia bisa jadi trauma kalau diajak melihat proses penyembelihan.

Yang paling penting adalah kita perlu menumbuhkan imej ibadah yang positif di dalam diri anak. Amati apakah anak sudah cukup siap secara emosional untuk melihat penyembelihan.

Satu pelajaran penting yang bisa kita ajarkan adalah betapa besarnya kasih sayang yang Allah limpahkan pada hari raya Idul Adha. Orang-orang yang mampu bersemangat berqurban agar bisa membagi-bagikan daging kepada masyarakat.

Ini terjadi karena Allah membalas ibadah qurban dengan pahala yang besar. Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi)

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengajak anak membagi-bagikan daging qurban ini agar ia bisa merasakan besarnya kasih sayang pada hari Idul Adha.

Ya Allah, limpahkanlah kasih dan sayang-Mu kepada umat ini, terutama pada Hari Raya Idul Adha. Aamiin Ya Allah.

Wallahu alam bish shawwab.

Dapatkan berbagai produknya di bazarafra.com 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *