Kisah Inspiratif

Inspirasi dari Pak Nadjikh dalam Silaturahmi Afrakids 2017

Pak Nadjikh adalah pemilik PT KML (Kelola Mina Laut). Beliau saat ini mengelola 56 pabrik pengolahan ikan dan menjadi eksportir hasil laut terbesar di Indonesia. 3000 Ton setiap bulan.

Pak Nadjikh mulai berwirausaha semenjak kuliah di IPB. Dulu ia tak memiliki biaya kuliah sedangkan 6 adiknya masih kecil-kecil. Sebagai kakak sulung, segala pekerjaan yang halal beliau lakukan demi menjalankan pendidikannya dan memenuhi kebutuhan keluarganya. Pak Nadjikh memiliki tekad kuat untuk sukses dan jadi entrepreneur.

Bisnis pertama di bidang ikan laut Pak Nadjikh mulai dengan teri nasi pada tahun 1994. Bermodal dengan uang terbatas, Pak nadjikh memberanikan diri mengajukan bantuan investasi ke sebuah perusahaan Jepang dengan jaminan lehernya sendiri. Sampai pada sekarang ribuan container setiap bulannya dikirim ke Jepang.

Bisnis pak Nadjikh terus berkembang. Dari ikan teri sampai ikan kakap, dan sekarang sudah mengekspor gurita. Pak Nadjikh selalu mengucapkan moto hidupnya ini

“Mulai dari kelas teri berjuang terus menjadi kelas kakap yang menggurita.”

Prinsip bisnis Pak Nadjikh sangat sederhana. Kerja keras dan jaga kepercayaan orang. Berani memulai lalu kemudian berpikir.

“Kalau kita mikir terus. Menghitung terus. Kita tidak akan pernah memulai. Harus berani dalam berbisnis. Mulai! Lalu mikir! Mulai lagi! Lalu mikir!”

Pak Nadjikh tidak hanya seorang pebisnis hebat, beliau juga aktif di organisasi masyarakat Muhammadiyah sebagai ketua bidang ekonomi.

“Sebagai muslim kita mesti jadi orang kaya. Harus jadi orang hebat. Supaya orang segan kepada kita. Supaya orang tidak lagi mengatakan muslim itu ekstrimis atau teroris. Kita tunjukan muslim itu bisa jadi bermanfaat dan hebat!”

Pesan Pak Nadjikh pada agen dan reseller Afrakids

“Kita harus kerja keras dan berani dalam berbisnis. Jaga kepercayaan rekan kerja kita dan costumer. Berikan yang terbaik. Sekarang ini adalah era sharing economy. Kita cukup bermodal kerja keras bisa menjual produk-produk orang lain.”

One thought on “Inspirasi dari Pak Nadjikh dalam Silaturahmi Afrakids 2017

  1. Alis Kodariah / safash shop says:

    Sentuhan tangan Alloh itu mang Maha Indah.. ga nyangka waktu masih jualan frozen food nyari barangnya sampai rebutan, eh.. di di silaturahmi afrakids 2017 bisa ketemu yang punya pabrik..
    Semoga Alloh mengulurkan tanganNya dengan keindahanNya lagi. Amiiiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *